Implementasi Data Mining di Bidang Pendidikan




Dunia Pendidikan memiliki data yang sangat besar dan komplek, hal ini karena Pendidikan memiliki peran penting bagi setiap individu, jadi pasti setiap individu di dunia memiliki data pendidikannya masing-masing. Data-data dari setiap individu tersebut dikelola pada setiap tingkatan satuan Pendidikan. Semakin tinggi tingkatan Pendidikan maka semakin tinggi dan komplek pula tingkatan data yang dikelola. Dari semua tingkatan Pendidikan yang ada, perlu diketahui bahwa perguruan tinggi merupakan salah satu elemen penting dalam komponen Pendidikan.
Bisa dibayangkan berapa banyaknya data tersebut bukan? Dan bagaimana cara mengatur data tersebut agar tetap terorganisir secara baik? Itu semua dapat diatasi dengan penggunaan Data Mining yang diterapkan di bidang Pendidikan ini.
Apa itu data mining?
Sebelum bahas lebih jauh saya akan jelaskan sedikit dulu tentang data mining, jadi Data Mining itu adalah suatu proses untuk melakukan pencarian data yang akan dimanipulasi menjadi informasi yang berguna dan berharga.
Pendataan dalam bidang Pendidikan dapat dianalisa mulai dari data pribadi atau biodata peserta didik, data akademik peserta didik, data mutu lulusan dll. Semua data tersebut terkumpul dalam suatu database yang setiap tahunnya akan mengalami pertambahan bersamaan dengan waktu masuk ajaran baru.
Topik tentang data mining di bidang Pendidikan cukup menarik untuk dijadikan penelitian karena tingkat kompleksitasnya untuk mengelola data yang begitu besar dan menyangkut setiap individu, dimana pasti semua individu di dunia saat ini memiliki data di bidang pendidikannya masing-masing. Berikut akan saya bahas beberapa peneliti yang meneliti di bidang ini.
Pertama, penelitian yang dilakukan oleh Brijesh Kumar Baradwak dan Saurabh Pal, penelitian mereka digunakan untuk meneliti kualitas Pendidikan pada institusi Pendidikan tinggi, data mining dipergunakan untuk memprediksi kelulusan siswa dengan variable banyaknya latihan yang diikuti, kecurangan pada saat ujian dan deteksi nilai yang kurang dari hasil belajar dan ujian pada siswa.
Kedua, penelitian yang dilakukan oleh Anwar M. A. dan Naseer Ahmad. Dimana penelitian ini memiliki tujuan untuk memberi suatu Analisa yang akan digunakan untuk membantu administrator Pendidikan dan pembuat keputusan pada sebuah instansi Pendidikan.
Ketiga, penelitian yang dilakukan oleh Najib Biyantoro Hadi, penelitian beliau yaitu dipergunakan untuk mengukur tingkat kompetensi siswa dari sebuah data yang diambil dari data tahun pertama siswa masuk sampai dengan tahun terakhir siswa lulus.
Kesimpulan dari pembahasan di atas adalah data pada Pendidikan memiliki cakupan yang sangat luas dan kompleks sehingga akan sulit untuk mendapatkan informasi penting dengan dibaca secara langsung, maka dari itu perlu dilakukan suatu proses yaitu data mining untuk mempermudah pembacaan dalam mencari informasi di suatu data yang telah dimining.


Daftar Pustaka :
Moch. Ali Rokhib. 2017. Penggunaan Data Mining Untuk Pengelolaan Data Dalam Bidang Pendidikan di https://www.academia.edu/ (diakses 18 Maret 2019).
Gita Indah Marthasari. 2017. Analisis Data Pendidikan Tinggi Menggunakan Pendekatan Data Mining di https://www.researchgate.net/ (diakses 18 Maret 2019)
Fatayat, Joko Risanto. 2013. Proses Data Mining Dalam Meningkatkan Sistem Pembelajaran Pada Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/ (diakses 18 Maret 2019)


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About me

Halo bloggers, selamat datang di Lookie_Kun blog.
Blog sederhana yang saya buat sendiri dengan tangan dan otak saya yang bekerja semalaman untuk membuat blog ini hehe.
Semoga apa yang saya post di sini bermanfaat dan dapat memberikan dampak positif bagi kalian, ya semoga saja.
Berikan komentar positif dan sertakan cr apabila ingin di copy paste.
terima kasih

Statistics

Cari di Blog Ini

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas FIKTI

Flickr

About Me

Blogger templates

Follow Us

About